Membuat Perusahaan kontraktor sejatinya adalah perkara yang mudah jika memiliki finansial yang cukup,terpenuhinya dokumen dan sumber daya manusianya,kedua hal ini penting bagi seorang kontraktor dalam meningkatkan kinerja dan mewujudkan manegement yang baik sebuah perusahaan kotraktor tersebut.Jika Anda memiliki visi untuk perusahaan kontraktor, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, panduan ini akan membantu.Berikut penjelasannya.
MEMILIKI TIM
Bahkan sebelum Anda berpikir untuk memulai perusahaan kontraktor, Anda harus memiliki tim.
Perusahaan kontraktor yang baik terdiri dari individu-individu yang semuanya memiliki keahlian dan pengalaman yang berbeda, sehingga mereka mampu menangani pekerjaan apa pun yang datang.
BUATLAH SEBUAH RENCANA
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan. Perencanaan adalah bagian penting dalam menciptakan perusahaan kontraktor karena membantu Anda untuk tetap teratur, fokus, dan berada di jalur yang benar.
Perencanaan juga penting karena membantu Anda memvisualisasikan tujuan Anda. Ketika Anda memiliki rencana yang siap, akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika ada sesuatu yang perlu dilakukan di kantor (seperti bersih-bersih), maka memiliki daftar hal-hal yang perlu dilakukan akan memudahkan orang lain (seperti karyawan) untuk membersihkan diri mereka sendiri tanpa harus bertanya apa lagi yang perlu dilakukan di sekitar kantor atau apakah mereka harus mulai melakukan pekerjaan lain sebagai gantinya.
TETAPKAN STRATEGI
Strategi adalah sebuah rencana atau sebuah cara berpikir tentang apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya. Gunakan strategi Anda untuk bekerja sama sebagai unit efektif yang saling mendukung selama perjalanan ini.
Jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang ke mana perusahaan Anda akan pergi dan bagaimana cara mencapainya, maka bisnis Anda akan jauh lebih mudah dikelola dan tetap berada di jalur yang benar dari waktu ke waktu.Perlu di catat bahwa Bekerja sama dalam tim menciptakan strategi untuk mengatasi hambatan yang mungkin Anda temui di sepanjang jalan,adalah salah satu kunci keberhasilan dalam membangun Atmosfir Bisnis yang baik.
Berikut ini beberapa contoh sasaran strategis yang dapat membantu memandu perusahaan Anda:
- Dapatkan keuntungan X% dalam satu tahun;
- Dapatkan Y klien baru setiap bulan selama tiga bulan berjalan;
Berikan Hasil yang memuaskan kepada klien,sehingga klien dapat memahami standar Profesionalan anda pada bidang tersebut.Profesionalitas adalah Kunci penting bagi klien mengukur/memberi penilaian tentang Bisnis.
MEMBUAT PERUSAHAAN
Menciptakan perusahaan kontraktor adalah proses yang panjang dan sulit. Untuk memastikan keberhasilan terbaik, penting untuk membuat tim yang dapat mendukung Anda melalui tantangan yang akan datang.
Berikut merupakan Dokumen yang butuh di siapkan dalam Pembuatan Perusahaan:
1. Akta Perusahaan
Akta Perusahaan merupakan salah satu aspek harus yang tentu dimiliki oleh suatu perusahaan. Butuh di catat kalau dalam Akta Perusahaan kalian tertera maksud serta tujuan yang memuat terkait bidang/ kategori usaha konstruksi. Bila belum, silakan ganti maksud serta tujuan Akta Perusahaan kalian dengan akumulasi usaha konstruksi dalam Maksud serta Tujuan di Akta Perusahaan kalian. Bakal lebih bagus bila telah disesuaikan dengan KBLI( Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) dari BPS tahun 2017. Informasinya, per 2019 s/ d saat ini, Perusahaan disarankan merubah maksud serta tujuan dalam Akta Perusahaan cocok klasifikasi KBLI 2017 dalam situs Website Sistem Online Single Submission (OSS) yang saat ini sudah dipakai selaku standar buat seluruh perizinan Perusahaan yang terpusat serta dapat dipakai di seluruh daerah Indonesia.
2. Nomor Pokok Wajib Pajak( NPWP)
NPWP wajib untuk seluruh perusahaan konstruksi baik CV ataupun PT. Tidak hanya kartu NPWP, perusahaan pula harus memiliki SKT. Sedangkan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak( PKP) tidak seluruh perusahaan ada. Bila belum PKP, maka tidak wajib untuk perusahaan untuk melakukan kewajiban setor PPN. Tetapi, PPh senantiasa harus. Seandainya tidak memiliki kualifikasi sesuai SBU, maka akan dikenakan pajak sebesar 4%, serta akan dikenakan 2- 3% buat yang telah memiliki kualifikasi yang masih berlaku.
3. Surat Keterangan Domisili( SK Domisili)
SK Domisili merupakan salah satu dokumen harus kedua yang wajib dimiliki oleh perusahaan konstruksi. SK Domilisi umumnya diterbitkan oleh kelurahan setempat. Di sebagian tempat/ wilayah SK Domisili dapat berlaku cuma 5 tahun serta wajib diperpanjang. Di wilayah lain ada yang berlaku tidak terhingga. Mengapa berlaku 5 tahunan? mungkin guna membenarkan jika benar perusahaan tersebut masih aktif ataupun telah pindah, sekaligus sebagai peluang harus lapor ke kelurahan.
4. Pesan Izin Usaha Perdagangan( SIUP)
Kontraktor ataupun Perusahaan Konstruksi umumnya juga terkait dengan jual beli material. Buat itu, di Akta pula umumnya disebutkan salah satu usaha perusahaan konstruksi yakni perdagangan. Sehingga SIUP jadi suatu keharusan. Mengurus SIUP dapat dicoba di PTSP Tingkat Kota di wilayah perusahaan Kalian berdiri. Dalam SIUP ini pula disebutkan KBLI atas usaha perusahaan Kalian. Pastikan agar KBLI telah disesuaikan dengan Peraturan BPS Nomor. 19 Tahun 2017 serta Maksud dan Tujuan pada Akta Perusahaan kalian dalam situs Web Sistem Online Single Submission( OSS).
5. Tanda Daftar Perusahaan( TDP)
Tanda Daftar Perusahaan alias TDP ialah dokumen harus berikutnya yang wajib dipunyai perusahaan konstruksi. Apalagi harus untuk seluruh perusahaan yang berdiri. Dalam TDP pula disebutkan data KBLI, pastikan telah sesuai dengan kode di KBLI 2017. Info beberapa tahun terakhir dengan dibentuknya sistem OSS, TDP bakal ditiadakan serta dapat ditukar dengan Nomor Izin Berusaha( NIB) keluaran OSS. Tetapi, sebelum itu, TDP wajib catatan ulang/ laporan per 5 tahun sekali buat memperpanjang.
6. Sertifikat Badan Usaha( SBU)
Sertifikat Badan Usaha berisi klasifikasi atas usaha yang dijalankan oleh perusahaan. Guna memperoleh klasifikasi tersebut perusahaan harus pernah melakukan pekerjaan terkait dengan nilai minimal tertentu. Bila belum sempat melakukan pekerjaan, maka cuma klasifikasi usaha kecil yang bisa didapatkan.
7. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi( SIUJK)
Surat Izin ini patut dimiliki oleh seluruh perusahaan konstruksi.SIUJK diterbitkan oleh PTSP tingkat kota di wilayah tempat perusahaan kalian berdiri. Di Indonesia, pengurusan SIUJK salah satu syaratnya wajib terlebih dahulu mempunyai Sertifikat Badan Usaha( SBU) Konstruksi yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi( LPJK) melalui Asosiasi Tubuh Usaha Konstruksi dimana perusahaan kalian terdaftar sebagai anggota( misal perusahaan kalian yakni anggota Asosiasi Kontraktor Indonesia/ AKI). Klasifikasi usaha dalam SIUJK terbitan mengikuti klasifikasi dari LPJK, detailnya dapat dilihat di web LPJK. Sedangkan kabar terakhir, SIUJK dapat diterbitkan lewat sistem OSS dimana klasifikasi usaha menggunakan KBLI 2017.
Segala Dokumen diatas ialah merupakan Dokumen Harus siapkan dan dimiliki oleh Perusahaan konstruksi, tidak hanya itu terdapat pula Dokumen tambahan Antara lain:
- No Izin Berusaha( NIB);
- Company Profile;
- Referensi Pengalaman Proyek( jikalau telah ada);
- Sertifikat Mutu, K3 dan Lingkungan( bila di perlukan);
- SKA untuk Tenaga Ahlinya ( bagi kontraktor minimal 2 anggota Perusahaan yang harus mempunyai SKA yang di terbitkan oleh LPJK)
Kalian saat ini mempunyai perlengkapan serta pengetahuan untuk menghasilkan perusahaan dengan peluang terbaik untuk sukses. Ingatlah bahwa ini hanyalah titik mula dan Kalian wajib senantiasa menekuni hal- hal baru tentang bisnis untuk mengikuti perubahan zaman. Moga- moga sukses dengan usaha baru Kalian!
SEBERAPA BERMANFAAT ARTIKEL INI ?
Berikan Penilaian Anda.
0 Komentar
Terima Kasih,Telah memberi komentar yang baik.